Start Posisi 12, Joan Mir Berpeluang Juara Dunia

Pebalap asal Spanyol ini punya modal kuat dengan memuncaki klasemen pebalap dengan 162 poin atau berjarak 37 poin dari rival terdekatnya, yakni Fabio Quartararo dan Alex Rins yang sama-sama mengoleksi 125 poin.

Balapan MotoGP memang masih menyisakan dua seri yakni di Valencia dan Portugal. Namun, Mir berpeluang mengunci gelar di Valencia. Berikut skenario Mir untuk juara.

Pertama, Joan Mir cukup finis tiga besar. Hasil ini sudah cukup buat mengantar dia juara. Hasil pebalap lain tidak akan bisa melewati poinnya lagi.

Syarat kedua, Mir finis ke-4,5 atau enam dengan catatan, Quartararo, Rins dan Maverick Vinales tidak menang di Valencia.

Ketiga, Mir finis ke8,9 atau ke-10. Sementara Vinales tidak menang dan ditambah Quartararo dan Rins tidak finis di tiga besar.

Keempat, Mir finis ke-11. Sementara Vinales, Franco Morbidelli atau Andrea Dovizioso tidak menang. Ditambah Quartararo dan Rins tidak finis di tiga besar.

Kelima, Mir finis ke-12, 13 atau 14. Sementara Morbidelli atau Dovizioso tidak menang. Vinales, Quartararo dan Rins tidak finis di tiga besar.

Dari hasil kualifikasi pada hari Sabtu (14/11), Pole position diambil pebalap Yamaha, Franco Morbidelli. Sementara Rins akan start dari posisi 14 dan Quartararo di posisi 11. Adapun Vinales akan memulai balapan dari posisi enam.

Akankah Joan Mir mampu mengunci gelar juara dunianya?

 

VAVEL Logo