Strategi Brilian RedBull

Max yang start dari posisi pertama, sempat membuat kesalahan kecil yang membuat mobilnya meluncur keluar lintasan selepas tikungan pertama. Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh pebalap Mercedes, Lewis Hamilton yang langsung menyodok ke posisi pertama.

Tertahan di posisi kedua cukup lama, membuat tim Red Bull mengambil strategi "UnderCut", yakni masuk pit stop lebih awal untuk Verstappen, dengan harapan saat keluar pit stop dan kembali ke lintasan posisinya akan berada di depan Hamilton.

Upaya ini berhasil dengan baik. Verstappen kembali mengambil posisi pertama, setelah melewati Hamilton yang baru keluar dari pit stop.

Namun, posisi Verstappen tetap belum aman karena Hamilton terus menguntit dan membalap dengan agresif. Dalam situasi seperti ini, RedBull menjalankan strategi berani dengan melakukan pit stop kedua untuk Verstappen.

Pada pit stop kedua, tim RedBull mengganti Hard Tyre mobil Verstappen dengan medium. Harapannya, selain kondisi ban lebih fresh, juga meningkatkan kecepatan mobil. Sebenarnya bisa saja Verstappen bertahan dengan ban keras, seperti yang dipakai Hamilton sampai akhir balapan.

Saat keluar pit stop, Verstappen berada di posisi keempat. Dia tertinggal 15 detik dari Hamilton yang berada di posisi pertama. Namun, dengan kondisi ban yang lebih segar. Verstappen bisa mengejar Hamilton dengan sisa balapan masih 15 putaran.

Perlahan namun pasti Verstappen menyusul rekan setimnya Sergio Perez. Setelah itu dia juga melewati pebalap kedua Mercedes, Valtterri Bottas.

Dua lap menjelang akhir balapan, giliran Hamilton yang disalip untuk merebut posisi terdepan. Verstappen pun juara. Sementara rekan setimnya, Perez sukses menyusul Bottas untuk merebut posisi ketiga.

Perez sukses menjalani balapan one pit stop dengan strategi overcut, yakni dengan menunda masuk pit stop lebih lama. Hasilnya dia juga punya ban yang lebih fresh dari Bottas sehingga dia juga mampu menyusulnya.

Kemenangan ini megukuhkan Verstappen di puncak klasemen pebalap. Dia unggul 12 poin dari Hamilton. Tim RedBull juga nangkring di puncak klasemen konstruktor mengungguli Mercedes.

Berikut Hasil 10 besar balapan di srikuit Paul Ricard:

1. Max Verstappen (RedBull)

2. Lewis Hamilton (Mercedes)

3. Sergio Perez (RedBull)

4. Valtterri Bottas (Mercedes)

5. Lando Norris (McLaren)

6. Daniel Ricciardo (McLaren)

7. Pierre Gasly (Alpha Tauri)

8. Fernando Alonso (Alpine)

9. Sebastian Vettel (Aston Martin)

10. Lance Stroll (Aston Martin)

 

VAVEL Logo