JPengumuman pensiun disampaikan langsung oleh Rossi pada Pada Kamis (5/8/2021) malam WIB. Pebalap berusia 42 tahun ini telah mantap membuat keputusan untuk mengakhiri kariernya di MotoGP musim ini.

Rossi telah meninggalkan segudang prestasi selama 24 tahun tahun kariernya. Ia menjadi salah satu pembalap dengan gelar dunia terbanyak sepanjang sejarah.

The Doctor membukukan sembilan gelar yang terdiri dari satu gelar di kelas 125cc dan satu di kelas 250cc. Sementara tujuh lainnya ia catatkan ketika sudah masuk di level tertinggi yaitu MotoGP.

Sepanjang kariernya, Rossi memiliki pesaing terbesarnya, salah satunya Marc Marquez. Marquez membuntuti Rossi dalam hal juara dunia di kelas MotoGP dengan total enam kali gelar.



Bahkan dapat dikatakan, Rossi mulai tercecer dari segi posisi setelah Marquez muncul sejak 2013. Ini dia yang membuat Rossi memiliki kesan tersendiri bagi Marquez.

Marquez Tak Menyangka

Marquez pun tak menyangka Rossi secepat ini memutuskan untuk pensiun. Ia sebenarnya berharap dapat kembali bersaing setidaknya satu tahun lagi.

"Saya pikir dia akan balapan lagi," kata Marquez dikutip dari laman Italy 24 News, Jumat (6/5/2021).

“Mundurnya Valentino saya tidak menyangka. Ketika saya mendengar di televisi Spanyol bahwa dia akan memberikan kuliah, saya pikir dia akan mengatakan siap menjalankan satu tahun ekstra dengan timnya. Dan itu sebenarnya yang ingin kami semua lihat di paddock, karena akan menyenangkan melihatnya balapan di timnya bersama saudaranya," lanjut Marquez.

"Bagaimanapun, keputusannya pantas, dia telah membuat karier selama 25 tahun dengan hasil yang luar biasa, ia adalah legenda. Saya pikir itu membawa begitu banyak ke trek, kami belajar banyak darinya, serta telah membawa begitu banyak ke sepeda motor. Karier olahraganya unik," tutup Marquez.