Arsenal disikat Newcastle United 2-0
Foto : Reuters

Kekalahan ini membuat Arsenal di ambang gagal lolos ke Liga Champions 2022-2023.

Ketika kompetisi menyisakan satu pekan lagi, Arsenal tertahan di posisi lima dengan 66 angka, terpaut dua poin dari Tottenham Hotspur di tempat keempat.

Arsenal langsung bermain menyerang sejak awal babak pertama dan membuat Newcastle United fokus menjaga gawang dari kebobolan. Pada menit keenam penyerang Arsenal Eddie Nketiah mendapatkan peluang untuk mencetak gol, tetapi tendangannya berhasil digagalkan pemain bertahan Newcastle United.

Eddie Nketiah kembali mendapatkan peluang bagus untuk mencetak gol pada menit ke-13. Namun, kiper Newcastle United, Martin Dubravka, keluar dari gawangnya untuk menggagalkan peluang yang dimiliki tim tamu.

Selanjutnya pada menit ke-20 kerja sama Bukayo Saka dan Martin Odegaard masih belum berhasil berbuah gol untuk Arsenal. Selang 10 menit, fullback tuan rumah Matt Targett hampir membawa Newcastle United unggul melalui tendangan sudut yang langsung mengarah ke gawang Arsenal,

Beruntung bagi Arsenal, Takehiro Tomiyasu berhasil menyelamatkan gawang timnya dari kebobolan. Kemudian, Newcastle United kembali mendapatkan peluang bagus untuk mencetak gol pada menit ke-36 melalui Allan Saint-Maximin, tetapi tendangannya masih belum tepat sasaran.

Memasuki menit ke-41 Newcastle United terlihat menguasai jalanya pertandingan dengan 70 persen penguasaan bola dibandingkan Arsenal yang hanya menguasai 30 persen. Meski begitu, The Magpies -julukan Newcastle United- masih belum berhasil mencetak gol.

Permainan Menyerang

Selanjutnya pada menit ke-43 Newcastle Unted mendapatkan peluang untuk mencetak gol melalui Emil Krafth. Hanya saja, tendangan jarak jauhnya masih belum menemui sasaran dan melebar ke sisi kiri. Alhasil, babak pertama ditutup dengan skor tanpa gol.

Permainan menyerang sejak awal babak kedua yang dilakukan Newcastle United pun berbuah hasil. Pada menit ke-55 bek Arsenal Ben White melakukan kesalahan fatal dengan memasukkan bola ke gawangnya sendiri dan membuat tuan rumah unggul 1-0.

Pada menit ke-63 Newcastle United hampir menambah keunggulan jika tendangan voli Callum Wilson tidak melambung tinggi di atas mistar gawang. Sementara itu, pada menit ke-72 tendangan Mohamed Elneny masih dengan mudah ditangkap Martin Dubravka.

Di menit ke-82 Callum Wilson mencoba melakukan tendangan jarak jauh usai melihat posisi penjaga gawang Arsenal, Aaron Ramsdale, tidak berada di posisi yang tepat untuk menjaga gawang. Sayangnya, tendangan Callum Wilson melebar ke sisi kanan gawang tim tamu.

Usaha Newcastle United menggandakan keunggulan pun berbuah hasil pada menit ke-85 melalui Bruno Guimaraes. Pemain asal Brasil itu memanfaatkan kesalahan yang dibuat Ramsdale setelah gagal membuang bola dan jatuh tepat di kakinya. Skor 2-0 untuk keunggulan Newcastle United.

Di menit ke-89, Bukayo Saka mencoba memperkecil ketertinggalan Arsenal. Namun, tendangan kerasnya masih membentur gawang. Newcastle United pun meraih kemenangan atas Arsenal dengan skor 2-0.

VAVEL Logo