Kalahkan Huddersfield Town, Nottingham
Forest Promosi ke Liga Utama Inggris
Foto : Reuters

Berlaga di Stadion Wembley pada Minggu, 29 Mei 2022 malam WIB, Nottingham Forest berhasil membekuk Huddersfield Town dengan skor tipis 1-0. Kemenangan itu dipastikan setelah Levi Colwill melakukan gol bunuh diri pada menit ke-43.

Gol semata wayang itu, turut memastikan Nottingham Forest, yang sudah 23 tahun berada di kasta kedua Liga Inggris. Sejak babak pertama, Nottingham Forest tampil cukup mendominasi untuk bisa meraih kemenangan.

Puncaknya terjadi setelah Levi Colwill yang berusaha menahan bola justru memberikan satu gol penting secara cuma-cuma. Huddersfield Town sebenarnya tampak cukup mengancam melalui serangan balik selama 45 menit pertama.

Terakhir di Liga Utama Musim 998-1999

Sayangnya mereka tidak mampu memanfaatkan peluang yang jelas di depan gawang Nottingham Forest. Sekadar diketahui, Nottingham Forest terakhir kali bersaing di divisi utama Liga Inggris pada musim 1998-1999.

Saat itu, mereka tampil tidak memuaskan dan harus finis ke-20 di klasemen akhir Liga Inggris. Oleh karena itu, mereka harus terdepak dari Liga Utama Inggris dan membekam di kasta kedua Liga Inggris.

Padahal Nottingham Forest merupakan klub penuh sejarah di Liga Inggris. Sebelum era 90-an, mereka sudah mengoleksi satu gelar Liga Inggris, dua Piala FA, empat Piala Liga Inggris, dua Piala Super Eropa, dan dua gelar Liga Champions.

Akan tetapi, semenjak terdegradasi 23 tahun silam, mereka tidak bisa lagi bersaing. Sang manajer, Steve Cooper jadi salah satu orang yang berjasa membawa Nottingham Forest promosi ke Liga Utama Inggris musim depan.

Dirinya telah mengubah nasib Nottingham Forest. Semenjak kedatangannya pada September 2021 silam, ia bisa membawa Nottingham Forest finis keempat musim ini dan menang di fase play-off kontra Huddersfield Town.

 

VAVEL Logo