Laga berlangsung sengit pada babak pertama, namun AC Milan sukses unggul melalui gol telat Fikayo Tomori di masa tambahan waktu. Rossoneri kembali membobol gawang Bianconeri —julukan Juventus— Brahim Diaz pada saat babak kedua telah berjalan sembilan menit.

Juventus mencoba untuk tampil menekan sejak pertandingan dimulai. Tim asuhan Massimiliano Allegri itu pun membuat AC Milan cukup kesulitan untuk menguasai bola dengan baik di menit-menit pertama.

Pada menit ke-14, Danilo mendapatkan peluang untuk mencetak gol bagi Juventus dengan tendangan jarak jauhnya. Sayangnya, tendangan tersebut masih melebar sehingga kedudukan masih imabang 0-0.

Meski cukup tertekan, Milan juga mampu menunjukan serangan balik yang cukup berbahaya di menit ke-20. Sayangnya, peluang yang didapatkan oleh Rafael Leao itu masih belum berhasil mengubah papan skor.

Milan meminta tendangan penalti setelah tembakan Leao digagalkan Dusan Vlahovic yang diduga mengenai tangannya di kotak terlarang. Namun wasit tidak memberikan tendangan penalti tersebut menggunakan bantuan VAR.

Fikayo Tomori Bawa Milan Unggul Babak Pertama

Di akhir babak pertama, AC Milan akhirnya berhasil unggul berkat gol Fikayo Tomori (45+1) yang sukses mengeksekusi umpan dari Olivier Giroud. Hasilnya, Milan pun unggul 1-0 atas Juventus di babak pertama.

Milan mencoba untuk meningkatkan intensitas serangan mereka sejak babak kedua dimulai. Juventus pun kini harus berjuang keras untuk bisa mempertahankan gawangnya dari ancaman tim tuan rumah.

Pada menit ke-54, Milan pun berhasil menggandakan keunggulan berkat gol yang diciptakan oleh Brahim Diaz setelah mampu mengoceh lini pertahanan Juventus dengan sempurna. Kini Milan pun unggul 2-0.

Setelah semakin tertinggal, Juventus pun melakukan beberapa rotasi demi bisa membalikan keadaan. Namun Milan terus menebar ancaman ke lini pertahanan Juventus yang masih tampak kesulitan memaksimalkan peluang.

Di sepuluh menit terlahir, Juventus yang masih dalam keadaan tertinggal justru gagal meningkatkan intensitas serangan yang baik agar bisa mengejar ketertinggalan. Hal tersebut pun dimanfaatkan dengan baik oleh Milan untuk terus menekan.

Namun hingga akhir pertandingan, tidak ada gol yang dapat kembali diciptakan oleh kedua tim. AC Milan pun berhasil mengalahkan Juventus dengan skor akhir 2-0.

Susunan Pemain

AC Milan (4-2-3-1): Ciprian Tatarusanu; Pierre Kalulu, Fikayo Tomori, Matteo Gabbia, Theo Hernandez; Ismael Bennacer, Sandro Tonali; Tommaso Pobega, Brahim Diaz, Rafael Leao; Olivier Giroud.

Pelatih: Stefano Pioli.

Juventus (4-4-2): Wojciech Szczesny; Danilo, Bremer, Leonardo Bonucci, Alex Sandro; Juan Cuadrado, Adrien Rabiot, Manuel Locatelli, Filip Kostic; Arkadiusz Milik, Dusan Vlahovic.

Pelatih: Massimiliano Allegri.

Foto: Reuters