Indonesia memastikan satu tiket ke babak final turnamen bulu tangkis German Open 2018 dari sektor ganda putra. Dua andalan pasangan Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melaju ke babak semifinal dan akan saling berhadapan.

Hendra/Ahsan melangkah ke semifinal dengan menaklukkan pasangan unggulan keempat, Lee Jhe Huei/Lee Yang (Taiwan), dengan skor 21-13, 22-20. Sementara Fajar/Rian menang atas atas Kim Won Ho/Seo Seung Jae (Korea), dengan skor 21-1, 21-16.

“Kami berhasil menerapkan strategi di lapangan. Lawan juga banyak error. Waktu ketinggalan di game kedua, yang penting tidak menyerah, saling komunikasi, walaupun misalnya ujung-ujungnya kalah, tapi coba dulu,” kata Ahsan dikutip situs PP PBSI, Badmintonindonesia.org. 

“Permainan ramai pada game kedua karena pola permainan lawan lebih hidup, mereka jadi bisa ada reli-reli,” tambah Ahsan. 

“Hari ini lawan tidak bermain seperti biasanya. Kalau mau menang ya memang harus bikin mereka nggak keluar permainannya,” kata Hendra menambahkan. 

Menanggapi pertemuan dengan Fajar/Rian, Hendra/Ahsan mengaku tetap ingin menang dan mewaspadai junior mereka yang tentunya lebih unggul dari segi stamina. “Mereka lagi percaya diri karena habis juara di Malaysia Masters 2018, jadi kami harus lebih siap. Dari segi stamina, mereka lebih unggul karena lebih muda,” beber Hendra

Sementara itu, Fajar menilai laga semifinal melawan Hendra/Ahsan menjadi pertandingan "uji coba" level dunia. “Ini kesempatan buat kami, kapan lagi tanding lawan Hendra/Ahsan, juara dunia. Di pelatnas pun jarang tanding lawan mereka, karena kalau latihan pasangannnya sering ditukar-tukar. Tentunya ingin menang, tapi kami tahu tidak akan mudah menang dari mereka,” ungkap Fajar.