Pasangan ganda putra Indonesia Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto selangkah lagi menjuarai turnamen bulu tangkis German Open 2018. Pemain andalan pelatnas Cipayung PBSI ini tampil ke final setelah mengalahkan senior mereka Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan 22-20, 22-20 pada babak semifinal, Minggu (11/3) dini hari WIB.

Pada partai puncak, Fajar/Rian akan menghadapi pasangan Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Peluang Fajar/Rian untuk menyabet gelar juara sangat terbuka karena lebih diunggulkan dari lawannya. Jika sukses menjuarai turnamen ini, maka ini akan menjadi gelar kedua mereka pada musim 2018 ini. Sebelumnya, Fajar/Rian sukses menjuarai Malaysia Masters.

Fajar/Rian mengaku bersyukur bisa sampai partai final dengan mengalahkan senior mereka. "Hendra/Ahsan adalah lawan paling berat di turnamen ini. Mereka sangat tenang, kami masih gerabak-gerubuk, Hendra/Ahsan bisa netralkan bola sampai benar-benar matang,” tutur Fajar dikutip situs PBSI.

Kemenangan di German Open 2018, juga akan membuka peluang Fajar/Rian untuk terpilih menjadi bagian tim di Piala Thomas atau Asian Games 2018. "Mudah-mudahan kami bisa menang di sini. Kami harus membuktikan dengan permainan konsisten kami," kata Rian menambahkan.

Sementara itu, Hendra/Ahsan memuji penampilan junior mereka. “Kemajuan mereka dari segi permainan, nggak gampang dimatikan, lebih rapi dari sebelumnya,” kata Ahsan.

German Open 2018 merupakan pertandingan kedua bagi Hendra/Ahsan sejak dipasangkan kembali di awal tahun 2018. Sebelumnya mereka berlaga di India Open 2018 dan juga terhenti di semifinal dari sesama pemain Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. Juara dunia 2013 dan 2015 ini selanjutnya akan bertolak ke Inggris untuk berlaga di All England 2018.