Pasangan ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal meraih gelar dari turnamen bulutangkis German Open 2018. Andalan pelatnas Cipayung ini menyerah dari pasangan Jepang Takuto Unoue/Yuki Kaneko dalam pertarungan dua game 16-20,18-20 di partai final, Minggu (11/3).

Bagi Fajar/Rian, penampilan di partai final ini seperti antiklimaks. Sebelumnya mereka selalu tampil konsisten, bermain agresif dan bisa keluar dari tekanan. Namun, pada partai final ini, Fajar/Rian tak mampu mengembangkan permainan. Mereka terus dalam tekanan dan didikte lawan.

Pelatih ganda putra Herry IP mengatakan, strategi tidak berjalan semestinya. Sementara lawan bermain cukup efektif dan tidak membuat banyak kesalahan. "Di atas kertas harusnya bisa menang. Namun, inilah pertandingan. Siapa yang siap, maka dia yang menang," kata Herry.

Kegagalan ini juga membuyarkan harapan Fajar/Rian untuk menambah koleksi gelar keduanya musim ini. Sebelumnya Fajar/Rian sudah mengoleksi satu gelar juara dari turnamen Malaysia Masters. Setelah turnamen ini, keduanya bersiap untuk tampil di turnamen klasik All England.