Rully Nere sebagai pelatih kepala timnas ini mengatakan bahwa timnya mengalami kemajuan setelah lebih dari satu pekan menjalani pemusatan latihan. Meski begitu, dia mengungkapkan masih terus mengasah hal-hal fundamental. Hal yang dimaksud itu adalah teknik dasar. Seperti passing, ball control dan organisasi permainan.

“Latihan operan, kontrol bola serta organisasi permainan hari ini dan seterusnya akan menjadi fokus utama agar para pemain semakin terasah. Karena ini adalah dasar penting dalam sepak bola,” ungkap Rully.

Menurutnya, apabila hal-hal itu bisa dikuasai dengan baik di awal, maka untuk latihan tahap berikutnya akan lebih mudah. “Dengan begitu kedepannya akan jadi lebih mudah dalam mengorganisir permainan. Tahap selanjutnya nanti akan melatih taktik bermain dan juga mempraktekkan kembali dalam uji coba,” katanya.

Sebanyak 29 pemain ikut dalam pemusatan latihan ini dan pelatih menerapkan sistem promosi dan degradasi untuk menyeleksi pemainnya. “Sejauh ini ada 29 pemain. Promosi dan degradasi berlaku juga di tim ini. Kami juga terbuka terhadap pemain wanita yang ingin bergabung dalam seleksi. Seperti nanti, kami akan kembali mendatangkan lima pemain baru lagi dalam tim,” tuturnya.

Hal lain diungkapkan salah satu pemainnya Portia Louise Fischer. “Saya dilatih bagaimana cara passing, defence, yang benar oleh pelatih. Baru-baru ini kami diajarkan bagaimana menyerang,” katanya.

“Selama latihan, saya merasa senang. Pelatih memberikan latihan yang menarik. Itu membantu saya dalam mengembangkan permainan sepak bola saya,” lanjutnya.

Pemusatan latihan timnas wanita U-16 di Cijantung ini akan berakhir hingga tanggal 20 April 2018. Rencananya, mereka akan berpindah tempat ke Palembang untuk pemusatan latihan lanjutan sebelum ke ajang AFF U-16 Girls Championship 2018 bulan Mei yang akan berlangsung di Indonesia.