Pelatih Tim Nasional Wanita Indonesia, Satia Bagdja mengatakan bahwa anak asuhnya mendapat pengalaman yang berharga usai melakoni ujicoba dengan tim yang berisi Legenda Timnas Indonesia pada laga ujicoba di Lapangan ABC, Senayan, Jakarta, Kamis (5/4) sore.

Pada laga tersebut, Garuda Pertiwi julukan Timnas Wanita Indonesia menang dengan skor 3-2. Tiga gol Timnas Wanita dicetak oleh Tugiyati, Zahra Musdalifah, dan Dhanielle Daphne.

"Ini pengalaman pertama untuk anak-anak, karena ujicoba di luar dan ditonton banyak orang. Kalau di Sawangan ketika latihan mereka luar biasa. Di sini, mereka mendapat pengalaman baru," tambah Satia yang dilansir dari laman PSSI. 

"Tujuan utama dari laga ini untuk pengalaman mereka. Jadi kami harus sering bermain di luar juga untuk mendapat pembelajaran, pun dengan saya," tambahnya.

Meski begitu, Satia menjelaskan bahwa pada laga ini anak asuhnya masih nervous dan mengikuti tempo permainan lawan. Namun ia memaklumi kondisi tersebut dan berharap timnya untuk terus memperbaiki kekurangan yang ada.

"Ketika lawan passing di sisi lapangan, harus dikeroyok dan itu tidak keluar sehingga lawan berkembang terus. Kalau nervous, 25 persen kemampuan juga hilang. Kami akan latih lagi kombinasi bermain dengan dua sampai tiga sentuhan. Kami mesti mengubah," ungkap pelatih asal Jakarta ini.

Sementara itu, pelatih berusia 57 tahun ini mengungkapkan bahwa anak asuhnya akan menghadapi ujicoba internasional pada bulan Mei mendatang.

"Akhir Mei kami direncanakan akan ujicoba melawan Thailand di Palembang. Oleh karena itu, awal Mei kami sudah pindah pemusatan latihan disana. Ada juga rencana ujicoba dengan Hong Kong di Hongkong. Kami harus mencoba menghadapi tim kuat dari Asia, walau akhirnya kalah. Saya tidak mau kalau melawan Timnas U-19 mereka, karena psikologisnya tidak bagus," tukas Satia.

Timnas Wanita pada tahun 2018 ini akan menghadapi dua event yakni Piala AFF akhir Juni dan Asian Games pertengahan Agustus mendatang. Indonesia pun menjadi tuan rumah di dua ajang bergengsi ini.