Komunitas sepak bola Indonesia boleh berbangga. Animo dukungan suporter Indonesia tercatat sebagai yang terbesar di Asia. Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) baru saja mengumumkan bahwa jumah penonton yang menyaksikan laga babak penyisihan Piala AFC grup Z antara Persija versus Johor Darul Ta’zim di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/4) mencapai 60.157 suporter.

Ini merupakan rekor tertinggi jumlah penonton dalam pagelaran Piala AFC. AFC pun memberi pujian, terlebih semuanya berlangsung aman, tertib dan lancar. Dalam laga ini, Persija menang 4-0 untuk memuaskan para pendukung fanatiknya.

Sekretaris Jenderal AFC Dato Windsor John mengatakan, rekor ini menunjukkan minat yang terus meningkat dan daya tarik yang luas dari kompetisi AFC. “Saya mengucapkan selamat kepada Persija Jakarta dan saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada semua klub dan Asosiasi Anggota kami atas komitmen mereka untuk meningkatkan Piala AFC,” kata Dato Windsor John.

Deputi Bisnis Sekretaris Jenderal PSSI Marsal Masita mengatakan, pertandingan persija bukan hanya berhasil menunjukkan rekor penonton loyal sepak bola terbesar di asia. Akan tetapi yang lebih penting adalah pertandingan tersebut diselenggarakan dengan sangat aman, lancar dan tertib.

“Rekor penonton persija adalah bukti bahwa sepak bola indonesia memiliki daya magnet terbesar di asia. Fans sepak bola Indonesia juga telah menunjukkan superioritasnya sebagai salah satu yang terbesar di Asia. Di sisi lain, kemenangan yang diraih Persija memberikan angin segar bagi kiprah Indonesia di level Asia setelah beberapa tahun klub indonesia non aktif di ajang kompetisi asia,” jelas Marsal.

Catatan rekor kehadiran penonton terbanyak pada pertandingan sebelumnya terjadi di final Piala AFC 2010 ketika tim Al Ittihad (Suriah) melawan Qadsia SC (Kuwait). Laga ini disaksikan sekitar
58.604 penggemar di Jaber Al-Hamad International Stadium di Kuwait City .

Persija Jakarta saat ini berada di puncak klasemen sementara Grup H Piala AFC 2018 dengan 10 poin dari lima laga, jumlah yang sama dengan Song Lam Nghe An yang berada di peringkat kedua, tapi kalah dalam head to head dengan Persija. Dalam laga terakhir, Persija akan bertandang menghadapi Tampines Rovers pada 24 April 2018 untuk memastikan diri lolos ke fase selanjutnya.

Pelatih Persija, Stefano Cugurra Teco merasa takjub dengan militansi dan semangat The Jakmania dalam memberikan support kepada Persija. Meski pertandingan tidak berlangsung saat akhir pekan, mereka tetap datang ke stadion.

"The Jakmania datang semua. Meski hari Selasa, banyak yang datang. Luar biasa, ya. Saat saya di Brasil kalau main Sabtu-Minggu penuh pasti. Tapi, kalau di Selasa tidak bisa penuh. Ini luar biasa. Mereka tahu ini bukan event ini tahunan, tak setiap tahun main di AFC, saya sangat senang dengan dukungan mereka," kata Teco.

Direktur Persija, Gede Widiade, juga mengapresiasi loyalitas The Jakmania. Kehadiran suporter mendongkrak semangat dan kepercayaan diri bermain Marko Simic dan kawan-kawan.

"Pokoknya Jakmania top. Saya salut dengan mereka selalu memberikan 100 persen saat Persija bertanding. Semoga dukungan ini selalu diberikan kepada Persija. Apalagi, sebagai pemain ke 12 kehadirannya selalu diharapkan pemain," ujar Gede