Jajaran pelatih Tim Nasional Wanita Indonesia Senior kembali memulangkan beberapa pemain. Pemulangan pemain ini merupakan hasil dari seleksi dan penilaian tim pelatih atas performa mereka selama mengikuti pelatnas. Selain itu ada juga pemain yang dipulangkan karena harus mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).

Pemain yang dipulangkan, yakni dua penjaga gawang, yakni Ranti Lestari Salimi, asal klub Tifosi FC Jakarta dan Lalu Norfince dari klub Persitoli Tolikara. Tiga pemain lain yang dipulangkan karena alasan ujian sekolah yakni Rizky Amalia Putri, Dhanielle Daphne dan Ade Mustikiana Oktaviani.

Untuk pengganti pemainnya, pelatih penjaga gawang Benny Van Breukelen menggantakan sudah mendapatkan pengganti yakni Prihatini. Prihatini sudah hadir di Sawangan untuk menggantikan posisi Ranti.

Prihatini mulai mengikuti latihan bersama pemain lainnya, Benny menerapkan latihan dasar untuknya sebagai awal guna mengasah kemampuannya. “Dia punya prospek yang bagus kedepannya. Dia lincah dan berani, itu salah satu modal yang cukup untuk menjadi penjaga gawang,” kata Benny.

Sebelumnya, timnas memiliki empat kiper, yakni Riska Yulianti (Babel), Norfince Boma (Papua), Vera Lestari (Yogyakarta) dan Ranti Lestari Salimi (Jakarta). Riska adalah Kiper asal Klub Galanita Babel. Kemungkinan, Benny masih akan mencoret sektor kiper, andai ada pemain yang tak juga mengalami peningkatan selama mengikuti latihan.

Manajer Timnas Putri Senior, Papat Yunisal memaklumi kondisi ini dan turut mendukung para pemain yang ikut ujian. “Mereka harus ikut UNBK di sekolahnya masing-masing, sesuai aturan yang berlaku. Dan kami berikan waktu libur selama 4 hari. Selesai UNBK pagi hari disekolahnya, mereka tetap diwajibkan latihan sore dengan tensi ringan,” ujar Papat.

Pemusatan latihan tim nasional wanita Indonesia ini disiapkan untuk mengikuti ajang piala AFF Women’s 2018. Mereka tergabung di grup B bersama Vietnam, Myanmar, Filipina dan Singapura.

Pembagian Grup AFF Women’s Championship 2018
Grup A: Thailand, Australia, Malaysia, Timor Leste, Kamboja
Grup B: Indonesia, Vietnam, Myanmar, Filipina, Singapura