Manchester City berhasil merengkuh trofi gelar juara Primier League musim 2017-2018.  Ditasbihkannya tim berjuluk The Citizens menjadi juara itu tak lepas dari kekalahan yang di dapat rival terdekatnya, Manchester United saat menjamu West Bromwich Albion. Tim asuhan Jose Mourinho kalah 0-1 di stadion Old Trafford,  Minggu (15/4)

Dengan  menyisakan lima laga posisi Manchester City di puncak klasemen sudah tak tergoyahkan. City mendulang 87 poin, unggul 16 angka atas United di tempat kedua. Trofi Primier League tahun ini juga menandai bahwa City telah menjelma menjadi  klub tersuskses di Liga Inggris dalam tujuh musim terakhir  dengan meraih tiga trofi.

Berikut beberapa fakta di balik keberhasilan Manchester City menjuarai Liga Inggris musim ini. Pertama, ini merupakan trofi Ke-5 Manchester City di Liga Inggris. Pada era Premier League, City telah meraih tiga gelar juara yakni pada musim 2011-2012, 2013-2014, dan 2017-2018.

Kedua, Manchester City Menyamai Prestasi Arsenal di Primier League. Dengan meraih tiga trofi juara Manchester City menyamai pencapaian Arsenal.  Di era Premier League Manchester United saat ini masih menjadi penguasa premier leagues dengan 13 kali menjadi juara,  disusul Chelsea dengan meraih lima trofi.

Ketiga, kesuksesaan Pep Guardiola membawa The Citizens menjuarai liga Primier Inggris musim ini, menjadikannya sebagai manajer berkebangsaan spanyol pertama yang sukses meraih trofi Liga Inggris. Trofi ini juga menandai kesuksesan Pep Guardiola yang meraih tujuh titel di semua kompettisi dalam sembilan musim terakhir.