Bagi Marquez ini merupakan kemenangan keenamnya secara beruntun di Austin. Pebalap Repsol Honda ini mendedikasikan kemenangan untuk almarhum Nicky Hayden yang menjadi idola publik tuan rumah.

The Baby Alien mendominasi balapan. Dia langsung mengambil alih pimpinan lomba selepas start. Menurut Marquez, sejak awal dia memang ingin langsung mengambil alih posisi terdepan dengan start bagus dan tancap gas. Strategi ini diambil karena dia kurang percaya diri untuk berduel dengan pebalap lain.

Alhasil, Marquez tak terbendung. Dia melewati tiga pebalap di depannya, termasuk pebalap Movistra Yamaha Maverick Vinales yang start dari posisi pertama.

Di akhir balapan, Marquez unggul 3,5 detik di depan Vinales yang finis kedua. Sementara di posisi ketiga ditempati pebalap tim Suzuki Andrea Ianonne. Valentino Rossi finis keempat dan diikuti pebalap Ducati Andrea Dovizioso.

Hasil ini menempatkan Dovizioso di peringkat pertama klasemen sementara dengan raihan 46 poin. Sementara Marquez menguntit di posisi kedua dengan koleksi 45 poin. Tempat ketiga diisi Vinales dengan torehan 41 poin.

Usai memenangi GP Americas, Marquez mengatakan langsung fokus untuk balapan berikutnya di Jerez, Spanyol. "Kami ingin memenangi balapan di sana," kata Marquez seperti dikutip MotoGP.com