Hamilton mungkin ada benarnya. Kalau dilihat dari hasil balapan di sirkuit Melbourne, pada sesi kualifikasi Hamilton bisa unggul sekitar 0,7 detik dari jagoan Ferrari, Sebastian Vettel. Namun apa boleh buat, pebalap Inggris harus merelakan podium pertama kepada Vettel di balapan Minggu. Di Bahrain, Vettel semakin beringas. Tercepat di sesi kualifikasi dan menjadi yang terbaik di balapan Bahrain. Duo Mercedes melengkapi podium Bahrain, dengan Hamilton di bawah rekan setimnya asal Finlandia Valtteri Bottas.

Di balapan seri China, lagi-lagi bukan harinya Hamilton. Padahal tahun lalu, siapa yang bisa mengejar pebalap berusia 33 tahun itu baik di sesi kualifikasi maupun balapan di sirkuit yang sama. Tahun ini Hamilton terlempar dari podium. Pebalap Red Bull Daniel Ricciardo sukses mencium trofi pertama di atas podium. Posisi 2 dan 3 masing-masing diraih duo Finlandia, Bottas dan pebalap Ferrari Kimi Raikkonen.

Hamilton sang juara 4 kali F1, sedang gusar. Namun ia masih memendam asa. "Jika ada kesempatan dan kami masih bisa juara, rasanya akan sangat luar biasa. Lebih luar biasa dibanding tahun lalu," ujarnya kepada Autosport.

Tahun lalu persaingan juga terjadi antara Hamilton dengan Vettel, setelah 3 tahun sebelumnya F1 hanya dihebohkan dengan pertarungan antara Hamilton dengan mantan rekan setimnya Nico Rosberg di Mercedes. Dan tahun ini untuk pertama kalinya dalam sejarah F1, Hamilton dan Vettel, dua pebalap dengan 4 titel juara dunia, bersaing meraih gelar kelima.

Yang jelas jika masih ingin masuk dalam radar perburuan titel juara dunia, Hamilton dan Mercedes harus segera meraih podium teratas dengan tantangan dari duo Red Bull dan Kimi Raikkonen yang juga tampil impresif bersama Ferrari. "Kami sudah kehilangan performa sejak Melbourne, ditambah lagi di Shanghai," ujar Hamilton.

Hamilton akan kembali mendapat tantangan di sirkuit Baku City, Azerbaijan, akhir pekan ini. Jika ia bisa keluar sebagai pemenang, setidaknya asa Hamilton masih terjaga untuk meraih gelar juara dunia kelima kalinya. Vettel saat ini masih memimpin klasemen sementara pembalap dengan 54 poin atau unggul 9 poin dari Hamilton di posisi kedua. Posisi ketiga juga ditempati pembalap Mercedes, Valtteri Bottas dengan 40 poin.