Haudi Abdillah dan kawan-kawan saat ini berstatus juru kunci dengan koleksi 8 poin, setelah menelan tiga kekalahan beruntun. Tambahan tiga poin dari Mitra Kukar pun belum membawa PSIS keluar zona merah, apalagi jika kembali meraih hasil minor.

Pelatih PSIS, Vincenzo Alberto Annese, memahami beban berat yang dirasakan timnya khususnya para pemain. Untuk itu, dirinya berharap pemain tampil enjoy agar bisa mengeluarkan segala kemampuan.

"Ini laga berat buat kami karena wajib menang. Kami harus melupakan hasil-hasil buruk sebelumnya dan berfikir positif untuk memenangkan pertandingan lawan Mitra Kukar," kata Vincenzo Annese, Minggu (27/5).

Menjamu Naga Mekes, pelatih asal Italia itu kembali membawa para pemain pilar yang sempat diparkir saat kalah dari Sriwijaya FC. Mereka kiper Jandia Eka Putra, gelandang Bayu Nugroho dan M Yunus, serta winger muda Komarodin. Hal tersebut mengindikasikan adanya perubahan komposisi pemain untuk melawan Mitra Kukar.

Annese berharap, siapapun personel yang diturunkan tampil penuh konsentrasi dan tidak membuat kesalahan. Sebab, tim tamu disebutnya memiliki pemain berkualitas.

"Kami harus konsentrasi penuh sepanjang pertandingan. Karena kebanyakan gol yang terjadi karena kami kecolongan. Itu tidak boleh terjadi," tegas pelatih berusia 33 tahun itu.

Sementara tim tamu datang ke Kota Gethuk dengan kondisi yang lebih baik. Mitra Kukar membawa modal kemenangan atas PSMS Medan di laga terakhir. Belum lagi, tim kebanggaan masyarakat Tenggarong itu tampil dengan kekuatan penuh dengan kembalinya Hendra Adi Bayauw dan Danny Sean Guthrie dari sanksi larangan bermain.

"Melawan PSIS merupakan pertandingan penting bagi kami untuk meraih poin. Kami ingin terus berada di posisi yang lebih baik di klasemen," tegas pelatih Rafael Berges Marin.

Nahkhoda tim asal Spanyol tetap memberi respek kepada kondisi PSIS. Apalagi Mitra Kukar belum pernah mendapatkan tiga poin ketika melakoni laga tandang. 

"Posisi di klasemen tidak memberikan jaminan sebuah tim akan mengalahkan tim yang ada di bawahnya. Kami tetap harus fokus dan ekstra waspada saat dijamu PSIS," ucapnya.

Prakiraan Susunan Pemain
PSIS (4-3-3)
Jandia Eka Putra;
Safrudin Tahar, Petar Planic, Haudi Abdillah, Frendi Syahputra;
Ibrahim Conteh, Bayu Nugroho, Hapit Ibrahim;
Komarudin, Hari Nur Yulianto, Bruno Silva;
Pelatih: Vincenzo Alberto Annese
Cadangan: Aji Bayu Putra, Gilang Ginarsa, Fauzan Fajri, M Yunus, Aldaier Makatindu, Melcior Leideker Majefat, Gustur Cahyo Putro

Mitra Kukar (4-2-3-1)
Geri Mandagi;
Rendi Siregar, Mauricio Leal, Dedi Gusmawan, Wiganda Pradika;
Bayu Pradana, Danny Guthrie;
Septian David Maulana, Anindito Wahyu, Dedi Hartono;
Fernando Rodriguez
Pelatih: Rafael Berges
Cadangan: Ravi Murdianto, Saepuloh Maulana, Abdul Gamal, Roni Rosadi, Rifan Nahumaruri, Hendra Adi Bayauw, Andre Agustiar

Pertemuan Terakhir
25/02/2018 PGK - Mitra Kukar 3-1 PSIS
21/03/2011 DU - PSIS 2-0 Mitra Kukar
03/01/2011 DU - Mitra Kukar 3-0 PSIS
19/02/2010 DU - PSIS 2-0 Mitra Kukar