Saat ini tuan rumah Persela ada di papan tengah dengan 14 poin. Hanya berjarak tiga poin saja dari empat tim teratas yang mengoleksi 17 poin. Sedangkan PS Tira memiliki 13 poin.

Jika mengacu pada posisi perolehan poin di klasemen saat ini, tentunya kedua tim akau sangat terpacu untuk dapat memenangi laga yang berarti menambah tiga poin. Terlebih bagi Persela yang akan tampil dihadapan publik sendiri di Lamongan.

“Pertandingan lawan PS Tira adalah sangat menentukan. Kemenangan akan memunculkan motivasi berlipat bagi tim untuk laga-laga berikutnya,” jelas pelatih Persela, Aji Santoso, Minggu (27/5/2018). Dia mengatakan, anak asuhnya tak boleh menyia-nyiakan kesempatan emas tampil di depan publik sendiri.

Suntikan semangat lainnya bagi Persela adalah tentu saja tim dengan warna kebesaran biru langit ini ingin memberikan kado nan indah. Ini karena pada 26 Mei kemarin, adalah peringatan ulang tahun Kabupaten Lamongan yang ke-449.

Berbicara teknis di apangan, Persela cukup lega dengan tetap bakal tampilnya bek asing Wallace Costa. Pada laga sebelumnya lawan Baritro Putera, Wallace mengalami cedera sobek pelipis. Tak dapat dipungkiri jika Wallace Costa adalah palang pintu tangguh bagi Laskar Joko Tingkir.

Sementara PS Tira hadir di Lamongan dengan ambisi menebus hasil buruk di pekan sebelumnya. Di pekan ke-10 lalu, tim asuhan Rudy Eka Priyambada harus takluk 0-1 dari Perseru Serui meski tampil di kandang sendiri di Bantul.

“Bagi kami pertandingan lawan Persela adalah hidup-mati. Kami wajib menebus kekelahan dan kehilangan poin di kandang,” tegas Rudy Eka. Dia mengakui jika timnya wajib mewaspadai pergerakan para pemain depan Persela yang memiliki kecepatan. Rudy Eka juga menggarisbawahi jika pemainnya wajib tampil fokus penuh dalam 90 menit jika tak ingin kecolongan lagi.

Perkiraan Susunan Pemain
Persela (4-4-2)
Dwi Kuswanto;
Eki Taufik, Wallace Costa, Arif Satria, Birrul Walidain;
Guntur Triaji, Shohei Matsunaga, Diego Assis, Ahmad Basith;
Saddil Ramdani, Loris Arnaud
Pelatih: Aji Santoso
Cadangan: M. Ridwan, Samsul Arifin, Syahroni, Jodi Kustiawan ,Fahmi Al Ayyubi, Sendy Pratama, Ghifari Vaiz Aditya

PS Tira (4-3-3)
Sharul Fadil
Mahdi Fahri, Kim Sang Min,Ganjar Mukti, Abduh Lestauhu
Roni Sugeng, Ryan Wiradinata, Gustavo Lopez
Mariano Berriex, Alexandar Rakic, Wawan Febriyanto
Pelatih: Rudy Eka Priyambada
Cadangan: Ramadhan, Herwin Tri, Didik Wahyu, Derry Herlangga,, Andi Setyo, Firmansyah, Ahmad Nufiandani, Dimas Drajad

Pertemuan Terakhir
22/09/2017 Liga 1 - Persela 1-0 PS Tira
27/05/2017 Liga 1 - PS Tira 3-2 Persela
30/10/2016 ISC - Persela 3-2 PS Tira
03/07/2016 ISC - PS Tira 3-1 Persela