Sesi Kualifikasi MotoGP di Sirkuit Mugello berlangsung seru. Bagaimana tidak empat pebalap yakni Andrea Ianone, Jorge Lorenzo, Marc Marquez, dan Valentino Rossi, bertarung ketat merebutkan pole position di Sirkuit Mugello, Italia sabtu (2/6).

Pebalap Repsol Honda Tim Marc Marquez menjadi pebalap pertama yang keluar dari pit. Pebalap asal Spanyol itu langsung menorehkan  catatan waktu tercepat.  Tak berlangsung lama catatan waktu Marquez dipatahkan Lorenzo. Pebalap Suzuki Andrea Ianone sempat mengambil alih catatan waktu tercepat. Tidak berlangsung lama, Rossi yang sebelumnya berada di posisi kelima mampu membukukan waktu tercepat yakni 1 menit 46,208 detik untuk merebut pole position. Keberhasilan pebalap berjuluk The Doctor itu meraih star terdepan disambut suka cita oleh publik italia yang mayoritas mendukung Rossi.

Catatan Waktu yang ditorehkan Rossi, hanya unggul 0.035 detik dari Jorge Lorenzo yang menempati start kedua. Disusul ditempat ketiga rekan se-Tim Rossi Maverick Vinales yang menorehkan catatan waktu  1 menit 46,304 detik. Andrea Ianone menempati posisi keempat dan Danilo Petrucci melengkapi posisi lima besar. Sedangkan Juara Dunia bertahan Marc Marquez  akan memulai balap dari posisi keenam dengan catatan waktu 1 menit 46,454 detik. Pemuncak klasmen sementara itu berada di depan  Dovizioso, dan pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow. Lalu pada posisi kesembilan ada Johann Zarco, diikuti Alex Rins.

Race MotoGP Italia yang akan digelar Minggu, (3/6) diprediski akan sengit. Pasalnya, Valentino Rossi akan kembali berjuang meraih kemenangan di depan publiknya sendiri. Rossi tercatat sebagai pebalap terbanyak yang memenangi GP Italia yakni sebanyak 7 kali, namun itu terakhir ia raih pada tahun 2008.  Sedangkan Pebalap Pabrikan Tuan Rumah Ducati yang mengandalkan dua pebalap  Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso akan berjuang habis habisan menaklukkan sirkuit mugello.

Kedua Pebalap Ducati tersebut  punya catatan apik di Sirkuit yang memiliki panjang 5,2 km ini. Jorge Lorenzo tercatat sebagai pebalap kedua paling banyak menang di sirkuit ini dengan torehan lima kali kemenangan. Sedangkan Dovizioso merupakan pemenang musim lalu.

Namun, yang tak boleh dianggap remeh adalah pebalap tuan rumah lainnya yakni Andra Ianone yang akan membuktikan layak dipertahankan oleh Suzuki sekaligus ingin mempersembahkan kemenangan di depan public italia. Selain itu ada Marc Marquez yang akan berupaya meraih kemenangan demi menjaga jarak poin di klasmen dari rival rival terdekatnya.