Pebalap Ducati Tim Jorge Lorenzo yang start dari posisi kedua langsung merebut pimpinan balap , disusul Pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi.  Pebalap Repsol Honda Tim Marc Marquez sempat melebar kemudian menyenggol Danilo petrucci di tikungan 3 tapi Marquez berhasil menyodok di urutan ketiga.

Drama Terjadi pada Lap 5, Marquez yang sudah berada di posisi kedua terjatuh. Meski kembali ke lintasan, pimpinan klasmen sementara itu tidak mampu menembus posisi lima belas besar. Disaat bersamaan Lorenzo telah memperpanjang marjin keunggulan 0,5 detik. Pebalap asal Spanyol itu menunjukkan penampilan yang jauh berbeda. Lorenzo tampil konsisten dan tenang. Bahkan ketika rekan se-Timnya Andrea Dovizioso memburunya, Pebalap berjuluk X-Fuera tetap tenang.

Di barisan depan Lorenzo semakin tak tersentuh, alhasil pertarungan beralih pada perebutan podium tiga  yang melibatkan Valentino Rossi,  Danilo Petrucci, Duo pebalap Suzuki Andrea Ianone dan Alex Rins . Kelima Pebalap bertarung sengit merebutkan posisi ketiga. Jorge Lorezno akhirnya keluar sebagai pemenang MotoGP Italia. Pebalap berusia 31 tahun itu unggul 6,370 detik atas Dovizioso yang harus puas berada di posisi kedua. Rossi mengamankan podium tiga usai menaklukkan Ianone. 

Juara Dunia lima kali itu pun tampak emosional usai memenangkan MotoGP Italia. Apalagi kemenangan ini merupakan kemenangan pertama Lorenzo Sejak Valencia 2016, saat masih membela Yamaha. Ditambah lagi ini yang perdana  dalam statusnya sebagai pebalap Ducati sejak 2017.

“Akhhirnya kemenangan ini datang juga. Menang bersama Ducati di Mugello Seperti mimpi. Ini sangat spesial. Tetapi meraih kemenangan kembali setelah satu tahun setengah  sangat mengagumkan. Tank yang baru memberi perubahan dan itu bagus, di pertengahan lomba saya khawatir dengan ban bagian depan, tetapi saya tetap tenang, dan fokus. Ini adalah contoh dari ketenangan pikiran, bekerja keras dan tidak mudah menyerah.” Kata Lorenzo

Terlepas dari Kemenangan Lorenzo di Mugello. Hasil balapan di GP Italia menempatkan Valentino Rossi ke posisi dua klasmen sementara, unggul 23 poin dari pimpinan klasmen sementara Marc Marquez. “ 23 poin jarak yang tidak terlalu jauh bagi saya. Berada di posisi kedua di klasmen sementara merupakan hal yang bagus.  Kami tidak terlalu cepat untu saat ini. Kami perlu memperbaiki motor agar kompetitif dalam setiap serinya, itu akan bagus untuk tetap dijalur juara.” Ujar Rossi

MotoGP selanjutnya akan digelar di sirkuit Catalunya Barcelona pada 17 Juni 2018.