Tim Nasional Indonesia mengawali kiprah di Piala AFF U-19 dengan meraih kemenangan 1-0 atas Laos di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (1/7). Gol tunggal kemenangan Garuda Nusantara dicetak oleh Witan Sulaeman di menit ke-29.

Tanpa Egy Maulana Vikri, anak asuh Indra Sjafri mendominasi pertandingan sejak awal pertandingan.  Peluang demi peluang didapat tim Merah Putih. Firza Andika, M Luthfi Kamal, Syahrian Abimanyu, Asnawi Mangkualam, dan Saddil Ramdani namun gagal mencetak gol, salah satunya karena penyelamatan kiper Laos Kitom Venvongsot.

Memasuki menit ke-29 kerja sama Witan Sulaeman dan Hanis Saghara berhasil dituntaskan dan mengubah skor setelah penyelesaian Witan membobol gawang Laos. Setelah unggul, Indonesia tidak mengendurkan serangan. Keunggulan 1-0 pun bertahan hingga istirahat

Pada babak kedua Timnas Indonesia U-19 kembali mendominasi pertandingan dan berulang kali mengepung pertahanan lawan. Laos yang kesulitan membangun serangan dipaksa sibuk di daerah pertahanan sendiri.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga usai, skor 1-0 untuk Indonesia tetap bertahan.

Di klasemen Grup A, selain unggul atas Laos, Indonesia juga berada di atas Thailand dan Vietnam yang bermain imbang pada laga pembuka yang berlangsung Minggu (1/7) sore.

Hasil ini menjadi modal berharga Timnas U-19 untuk melakoni laga kedua Piala AFF U-19 2018. Selanjutnya, Indonesia ditantang Singapura, Selasa (3/7).

Usai laga meskipun hanya menang tipis meski banyak peluang, pelatih Indra Sjafri tetap mengapresiasi kerja keras yang dilakukan Witan Sulaeman dan kawan-kawan.

"Kami syukuri kemenangan itu, meski hanya 1-0. Pemain sudah bekerja keras mendapat tiga poin itu," kata Indra.

Ia juga menambahkan tak menyangka bila Laos akan memainkan pola bertahan penuh, yang membuat anak asuhnya kesulitan membuat gol tambahan.
Sementara itu, Wiranto Sulaeman juga mensyukuri tiga poin yang diraih, meskipun dengan kemenangan tipis.

"Kami sudah berjuang semaksimal mungkin untuk menciptakan gol tapi hasilnya hanya menang 1-0," jelasnya.