Spanyol Tersingkir di Piala Dunia 2018, Iniesta Pensiun
Reuters

Tim nasional Spanyol tersingkir dari Piala Dunia 2018 setelah takluk 3-4 dari Rusia melalui drama adu penalti, Minggu (1/7). Laga tersebut menandai berakhirnya perjalanan 12 tahun Iniesta bersama La Furia Roja.

Sejak memulai debut pada 2006, Iniesta sudah mempersembahkan dua gelar Piala Eropa pada 2008 dan 2012, serta satu trofi Piala Dunia pada 2010. Total Iniesta sudah mencatatkan 131 penampilan dengan 13 gol bersama La Furia Roja.

"Secara kenyataan, ini menjadi pertandingan terakhir saya bersama tim nasional. Terkadang akhir dari perjalanan seperti ini bukan impian yang diinginkan banyak orang," ujar Iniesta dikutip dari BBC, Senin (2/7).

Kepergian Iniesta dari tim nasional Spanyol disesali rekan setimnya di timnas Spanyol saat juara dunia 2010, Cesc Fabregas. Pemain Chelsea itu merasa Iniesta mendapat pesta perpisahan yang kurang layak.

"Iniesta seharusnya tidak mendapatkan perpisahan seperti ini. Sangat tidak layak untuknya," tutur Fabregas.

Tak hanya menyudahi karier bersama tim nasional Spanyol, sebelumnya Iniesta juga memutuskan hengkang dari Barcelona. Setelah 22 tahun menjadi bagian dari Camp Nou, Iniesta kini bakal berkarier di Liga Jepang bersama Vissel Kobe.

VAVEL Logo