Kemenangan ini terasa luar biasa karena Nurhidayat dan kawan-kawan tertinggal dahulu 0-1 dari Filipina hingga menit 80'an. Namun gol yang dicetak oleh Saddil Ramdani (82' dan 86'), Firzha Andika (83') dan Todd Rivaldo (90+1') membuat Timnas U-19 keluar lapangan dengan senyum dan bahagia.

Usai laga, Pelatih kepala Timnas U-19, Indra Sjafri, mengaku memetik pembelajaran penting pada laga kali ini. Menurutnya, mental dan semangat bertanding para pemain benar-benar diuji.

"Pertandingan yang banyak memberikan drama dan pembelajaran untuk para pemain, dan yang perlu diucapkan terima kasih adalah pemain," kata Indra Sjafri usai laga.

"Saya salut dengan mentalitas mereka walaupun teritnggal, buntu ke sana ke mari, tapi setelah dilakukan beberapa pergantian pemain dan baru mulai kita bisa membongkar pertahanan mereka. Ini sangat bermanfaat sekali untuk pemain usia muda mendapat pertandingan yang seketat ini," tambah pelatih asal Sumatera Barat ini.

Atas kemenangan itu sendiri untuk sementara Timnas U-19 berhasil menjadi pemuncak klasemen Grup A. Dengan tiga kemenangan dalam tiga pertandingan, Timnas U-19 unggul dua poin dari Thailand dan Vietnam yang berada di posisi dua dan tiga.

Indra juga mengakui Filipina selain memberikan pembelajaran penting bagi para pemainnya, mereka juga memberikan perlawanan yang membuat anak asuhnya kewalahan.

"Ini di luar dugaan juga, mereka bermain dengan menyerang dan pressure di dua pertiga lapangan kami, dan itu yang tidak kami persiapkan. Kemarin kami mempersiapkan tim karena mengira mereka akan main dengan compact defense, tapi mereka justru keluar menyerang," jelasnya.

Susunan pemain:

Filipina U-19 (4-2-3-1): Jessie Reil Aya-Ay Semblante (kiper); Jed Callgdong Bode, Marc Jessar Patermo Tobias, Samuel Reuben Wilheim, Viejay Talisic Frigilano (belakang); Pete Adrei Pareja, Shanden Tubigon Vergara, Leo Gabriel Martin, Anton Prospero Guarina, Fidel Victor Palogan (tengah); Chester Gio Angeles Pabualan (depan)

Pelatih: Hirata Reiji

Indonesia U-19 (4-3-3): Muhammad Riyandi (kiper); Muhammad Rifad Marasabessy, Nurhidayat Haji Haris, Julyano Pratama Nono, Firza Andika (belakang); Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Muhammad Rafi Syarahil, Witan Sulaeman (tengah); Samuel Christianson, Rezky Fandi Witriawan, Muhammad Rafli Mursalim (depan)

Pelatih: Indra Sjafri