Pebalap asal Spanyol itu meraih kemenangan di MotoGP Jerman 2018 setelah sebelumnya juga meraih pole. Hal ini menambah dominasinya di Sachsenring karena sudah melengkapi sembilan kemenangannya masing-masing dengan pole.
 

Di awal balapan, Marquez sempat tersalip beberapa saat setelah start. Pebalap Ducati, Jorge Lorenzo tampil impresif untuk  memimpin di tikungan pertama. Marquez tergeser ke posisi ketiga, di belakang Danilo Petrucci.

Di posisi keempat, Valentino Rossi membuntuti Marquez dan sudah mencari celah untuk menyalipnya. Lap ini juga memunculkan insiden saat Alex Rins dan Pol Espargaro meluncur keluar lintasan

Satu lap setelah itu, Cal Crutchlow mampu merangsek ke posisi kelima setelah melewati Maverick Vinales yang lantas tergeser ke peringkat keenam untuk sementara. Marquez merebut posisi kedua dari Petrucci lewat sebuah manuver di Turn 1 lap kelima. Marquez terus mengejar Lorenzo sedangkan Petrucci dikejar Rossi.

Rossi akhirnya berhasil melewati Petrucci untuk menempati posisi ketiga di Turn 1 putaran kesembilan. Sementara Marquez terus membuntuti Lorenzo.

Nasib sial dialami Carl Crutchlow. Dia terjatuh di Turn 12 putaran ke-10 walaupun sebelum itu terlihat cukup kompetitif untuk mengejar posisi lima-enam besar. 

Marquez merebut posisi terdepan dari Lorenzo di putaran ke-13, Marquez dengan mulus melewati Lorenzo di tikungan untuk memimpin balapan. Lorenzo setelah itu langsung diancam Rossi yang sudah berada tepat di belakangnya. Rossi pun akhirnya juga bisa melewati Lorenzo untuk mengamankan posisi kedua.

Memasuki lima lap akhir, Lorenzo justru kehilangan posisi ketiga setelah disalip Petrucci. Setelah itu posisi Lorenzo melorot lagi usai dilewati Vinales. Vinales finis akhirnya finis ketiga setelah menyalip Petrucci.

Dengan kemenangan ini, Marquez kokoh di puncak klasemen dengan nilai 165 poin. Sementara Rossi menguntit dengan raihan 119 angka, disusul Vinales di posisi ketiga dengan 109 poin.