Sebanyak 18 tim peserta Liga 1 akan mengikuti kompetisi  yang dibagi dalam tiga group ini. Pada Kamis (6/9) siang seluruh perwakilan klub melakukan managers meeting di Sawangan, Depok bersama PSSI yang dihadiri langsung oleh Joko Driyono, Wakil Ketua Umum, Danurwindo, Direktur Teknik, dan Ratu Tisha Destria,  Sekretaris Jendral  Sekjen).

Berbagai hal teknis dan update regulasi diinfokan PSSI dalam workshop tersebut. Selain itu, PSSI juga menerima saran dan masukan dari tiap klub demi kualitas kompetisi  ini nantinya.

“PSSI bangga dapat menyelenggarakan  kompetisi Liga 1 Elite Pro Academy U-16 di bulan September ini. Dan ini menjadi sejarah kami yang untuk pertama kalinya mengadakan kompetisi di level usia tersebut,” terang Joko Driyono.

Sebelum bergulir pada 15 September, PSSI sudah menyelenggarakan festival Liga 1 Elite Pro Academy  2018 pada bulan Juli lalu. Saat itu, 15 tim Liga 1 ikut dalam festival yang diadakan di Sawangan, Depok.

“Kompetisi ini kami juga sudah melakukan kerja sama dan koordinasi dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. PSSI berharap dengan adanya kompetisi membantu Tim Nasional atau klub klub professional untuk mencari pemain,” paparnya lagi.

18 tim peserta Liga 1 Elite Pro Academy U-16 2018 dibagi dalam tiga group yang tiap group berisi enam tim.

Pada laga penyisihan setiap tim akan melakukan dua kali laga kandang dan tandang dengan tim yang sama. Kompetisi ini dilakukan dengan sitem dua kali 30 menit setiap laga.

Berikut pembagian Grup Liga 1 Elite Pro Academy U-16 2018:

Grup A

Bhayangkara FC, PSIS Semarang, PS Tira, Persib Bandung, Sriwijaya FC, PSMS Medan

Grup B

Bali United, Arema FC, Persija Jakarta, Persela Lamongan, Barito Putra, Madura United

Grup C

Borneo FC, Perserui Serui, Persipura Jayapura, PSM Makassar, Mitra Kukar, Persebaya Surabaya.