Hamilton kini unggul 67 poin dari pesaing utamanya, pebalap Ferrari, Sebastian Vettel. Pebalap asal Jerman ini harus puas finis di posisi keenam.

 

Hamilton yang start dari posisi terdepan tampil sangat dominan. Posisinya tak terganggu sampai balapan berakhir. Sementara Vettel yang start dari posisi delapan, berjuang sangat keras.

 

Vettel sempat menyodok ke posisi keempat, sebelum melintir keluar lintasan setelah bersenggolan dengan pebalap Red Bull, Max Verstappen. 

 

Vettel yang terlempar ke posisi 19, akhirnya bisa finis di posisi keenam di belakang rekan setimnya, Kimi Raikkonen. Adapun posisi kedua ditempati pebalap Mercedes lainnya, Valtteri Bottas.

 

Verstappen yang mendapat penalti lima detik akibat bersenggolan dengan Raikkonen di awal balapan, tetap bisa mempertahankan posisi podium tiga. Sementara rekannya, Danniel Ricciardo tampil impresif dengan finis keempat meski memulai balapan dari posisi ke-15.

 

Hamilton bisa memastikan gelar juara dunia F1 kelimanya pada balapan GP Amerika Serikat pada 21 Oktober mendatang. Pebalap asal Inggris ini hanya  butuh selisih delapan poin atas Vettel untuk merebut gelar juara dunia F1 2018.

 

 

Hasil F1 GP Jepang:



1. Lewis Hamilton Mercedes 
2. Valtteri Bottas Mercedes 
3. Max Verstappen Red Bull 
4. Daniel Ricciardo Red Bull
5. Kimi Raikkonen Ferrari 
6. Sebastian Vettel Ferrari
7. Sergio Perez Force India
8. Romain Grosjean Haas 
9. Esteban Ocon Force India 
10. Carlos Sainz Jr. Renault