Lewis Hamilton yang memulai balapan dari pole position langsung tancap gas sejak start. Dia mengamankan posisi dari kejaran rekan setimnya di Mercedes GP, Valtteri Bottas, Max Verstappen, Kimi Raikkonen, dan Romain Grosjean.

 

Sementara, Vettel yang start dari posisi kesembilan berhasil merangsek ke posisi keenam dan dengan cepat naik ke posisi kelima usai menyalip Grosjean. Di lap awal ini terjadi insiden ketika mobil Verstappen dan Raikkonen bersenggolan.

 

Setelah investigasi, steward menjatuhi penalti lima detik kepada Verstappen. Pada lap kedelapan terjadi lagi insiden ketika Verstappen dan Vettel bersenggolan sehingga membuat nama terakhir melorot jauh ke posisi ke-19!

Memasuki lap ke-20, Hamilton melebarkan jarak dengan Bottas menjadi 4,2 detik, sementara Verstappen tetap melihat peluang untuk bisa menyalip Bottas.

Lap demi lap berlalu, Hamilton dengan nyaman memimpin balapan sementara Bottas berusaha menjaga jarak dengan Verstappen yang terus memangkas waktu.

Dengan pertarungan panas yang terjadi di belakang, Mercedes makin melenggang di depan. Usai melakukan pit stop di lap ke-25, Hamilton masih memimpin 4,5 detik di depan Bottas. Sementara Verstappen, yang sudah membayar penaltinya saat pit stop, berusaha mengejar selisih 10 detik dari Bottas di posisi ketiga.

Sejak tercecer ke rombongan belakang, Vettel terus berjuang dan satu per satu menyalip mobil hingga akhirnya kembali masuk enam besar di lap ke-35.

Hamilton tidak tersaingi sejak awal pekan dan kembali menang di Suzuka, kali ini dengan keunggulan dominan 12 detik. Diikuti Bottas berhasil mempertahankan posisi kedua dari kejaran Verstappen yang harus puas di posisi ketiga.

Berurutan melengkapi posisi sepuluh besar adalah Daniel Ricciardo, Kimi Raikkonen, Vettel, Sergio Perez, Romain Grosjean, Sebastian Ocon, dan Carlos Sainz Jr.

VAVEL Logo
About the author