Pemain asal klub Persipura ini mencetak hattrick pada laga ini. Ia merupakan salah satu aktor yang membuat Indonesia nyaris mengejar ketertinggalan dari Qatar.

Nama Todd Rivaldo Ferre mulai dikenal di kancah sepak bola nasional saat dinobatkan menjadi pemain terbaik Liga 1 U-19 musim 2017. Sebelum terjun di sepak bola, Todd Rivaldo mengawali karier sebagai pemain futsal.

Pemain berusia 19 tahun ini serius menekuni futsal saat menimba ilmu di SMA Negeri Khusus Olahraga Papua. Talenta Todd Rivaldo juga sempat menghiasi Liga Futsal Nusantara 2017. Persipura kemudian melirik talenta Todd Rivaldo untuk masuk ke tim U-19.

Sosok yang mengidolakan Boaz Solossa ini menjadi pahlawan Persipura U-19 ketika menjadi juara Liga 1 U-19 2017. Pada partai final, gol tendangan bebas Todd Rivaldo ke gawang Persib U-19 menjadi penentu gelar juara Persipura.

Pelatih Persipura saat itu, Peter Butler, kemudian memanggil Todd Rivaldo Ferre untuk bermain di tim senior. Performa moncer di Liga 1 U-19 2017 membuat Todd Rivaldo dipanggil Indra Sjafri ke timnas U-19 Indonesia untuk mengikuti Piala AFF U-19 awal Juli lalu.

Usai laga kemarin, Todd Rivaldo mengaku bersyukur bisa mencetak gol dan sempat mengembalikan asa untuk bisa meraih kemenangan. Keberhasilan mencetak tiga gol itu memotivasinya untuk bisa tampil lebih baik saat Timnas U-19 harus menjalani laga penentuan kontra UEA pada Rabu (24/10).

"Bersyukur karena semua terjadi berkat Tuhan. Semua itu bukan karena saya, tapi karena Tuhan. Mungkin tadi kami kurang fokus di babak pertama," ujar Todd.

"Kami punya motivasi di pertandingan terakhir agar bisa meraih kemenangan. Kami harus bisa menang agar bisa lolos ke babak berikutnya," tambahnya.

Kecemerlangan Todd Rivaldo Ferre di babak kedua laga kontra Qatar membuat banyak kalangan yang mengharapkannya bisa menjadi starter saat menghadapi UEA di laga pamungkas penyisihan Grup A itu. Namun, Rivaldo menyerahkan semua kepada Indra Sjafri.

"Harapan menjadi starter pasti ada. Namun, semua menjadi keputusan pelatih. Apa yang pelatih yakini, kami sebagai pemain hanya menjalankan. Kalau dipercaya pelatih, saya pasti siap," tukasnya.

Nama Lengkap: Todd Rivaldo Ferre
Lahir: 15 Maret 1999 (usia 19 tahun)
Klub: Persipura Jayapura
Posisi: Gelandang
No Punggung: 46 (Persipura), 22 (Timnas U-19)
Gol bersama Timnas U-19: 5 gol