Berita VAVEL

Rossi Terjatuh, Marquez Juara MotoGP Malaysia

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjadi pemenang seri ke-17 MotoGP  di sirkuit Sepang Internasional Circuit, Malaysia. Sementara itu pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi Terjatuh ketika sedang mempimpin lomba dan akhirnya finis ke-18.

Rossi Terjatuh, Marquez Juara MotoGP Malaysia
MotoGP.com
gitapermata
By Gita Permata

Valentino Rossi yang start dari posisi kedua langsung melesat memimpin jalanya balap diikuti johan zarco di posisi kedua. Masih di lap pertama, Andrea Iannone terjatuh di tikungan 15. Marquez sedikit goyah saat menikung, Iannone yang ada di belakangnya melakukan pengereman hingga terjatuh.

 

Hingga tiga lap, Rossi masih berada di posisi terdepan. Dia dikuntit oleh Zarco dan Marquez. Satu lap kemudian, Marquez menyalip Zarco.

 

Rossi masih tak terkejar hingga balapan berjalan 10 lap. Jarak dengan Marquez di posisi kedua sekitar 0,7 detik. 

 

Meski telah merengkuh gelar juara dunia MotoGP 2018 Marc Marquez tak mengendurkan perlawan. Pebalap berjuluk “The Baby Alien” itu terus mengejar Rossi.  The Doctor terjatuh di Tikungan 1 pada empat lap tersisa. Pimpinan balapan pun langsung dikuasai Marquez. Ditambah tanpa perlawanan berarti, tujuh kali juara dunia itu pun finis lebih dulu. Podium tertinggi di Sepang merupakan kemenangan ketujuh Marquez pada 2018 sejauh ini, serta yang pertama sejak 2014.

 

 

Sementara performa impresif ditunjukkan Alex Rins. Pembalap Suzuki tersebut mengalahkan Zarco untuk podium kedua. Maverick Vinales mengamankan finis keempat, sempat tercecer pada lap-lap awal. Ia menaklukkan Dani Pedrosa, dilanjutkan raihan mengecewakan Andrea Dovizioso, hanya urutan keenam.

Setelah balapan usai meski meraih kemenangan Marc Marquez mengaku balapan di negri jiran tidaklah mudah. “Saya menekan hingga batas maksimum. Memulai balapan dari belakang (posisi ketujuh), startnya tidak sempurna tapi saya mulai menyalip satu per satu pembalap lain.

“Kemudian ban belakang saya overheat beberapa lap berselang ban depan mengalami hal serupa, saya harus mendinginkan ban, feeling-nya tidak terlalu bagus.

“Tapi pada akhirnya, feeling saya membaik. Saya mulai bisa mengejar Vale, dan itu menjadi motivasi besar untuk terus menekan.” Ungkap Marquez

Marquez pun meraih kemenangan kesembilan di musim ini. Dia kian kukuh di puncak klasemen pebalap dengan raihan angka 321 angka.

Sementara itu raihan angka Rossi tertahan pada 195 poin. Dia duduk di posisi ketiga klasemen, dikuntit oleh Maverick Vinales dengan raihan 191 angka. Sementara itu, Andrea Dovizioso ada di posisi kedua dengan raihan 220 poin.