Rully Nere mengaku proses seleksi yang digelar di Sidoarjo, Jawa Timur beberapa waktu lalu berlangsung ketat, hingga terpilihlah 26 nama terbaik untuk mengikuti seleksi kali ini.

“Pada seleksi pertama yang berlangsung di Sidoarjo sudah terlihat cara bermain dari masing-masing pemain yang ikut seleksi di sana. Yang terpilih ini adalah pemain-pemain yang sudah lolos dari aspek-aspek penilaian selama seleksi. Kemampuan dari para pemain yang terpilih ini tidak jauh berbeda secara individual. Kuualitasnya sama dan mereka dibutuhkan untuk membentuk kerangka tim” ungkap pelatih kepala Timnas Wanita Rully Nere.

Rully menambahkan memang ada beberapa aspek atau hal yang dinilai selama berlangsungnya seleksi tahap pertama. Tak hanya menyangkut kemampuan bermain sepakbola pada umumnya, Rully beserta tim kepelatihan juga menilai aspek lain menyangkut sikap ketika berada di dalam maupun luar lapangan.

“Saya memilih pemain bukan hanya berdasarkan kemampuan individual mereka dalam bermain sepak bola, tapi ada hal-hal lain seperti keberanian, semangat, disiplin dan sikap yang baik. Keberanian artinya pemain sudah berani mengambil keputusan untuk bermain sepak bola, sehingga mereka harus benar-benar fokus di lapangan dan berani menghadapi tekanan, apalagi ini permainan yang biasanya dimainkan oleh laki-laki. Hal ini harus diimbangi dengan sikap yang baik, semangat dan disiplin baik ketika latihan maupun pertandingan. Tanpa itu semua seorang pemain tidaklah lengkap” lanjutnya

Namun dari ke-26 nama pemain yang dipanggil, Rully mengaku masih akan ada pencoretan pemain, meski hanya beberapa pemain saja yang tidak akan diberangkatkan pada gelaran AFF Women Championship 2019 nanti. “Akan ada 3 pemain yang dicoret pada seleksi akhir kali ini karena hanya 23 pemain yang dibawa untuk gelaran AFF Women Championship 2019. Yang terbaiklah yang bertahan sampai akhir” tutupnya

Setelah berakhirnya seleksi tahap pertama di Sidoarjo, Jawa Timur pada 25 Mei 2019 lalu, memang para pemain yang mengikuti seleksi dipulangkan ke daerahnya masing-masing untuk merayakan libur hari raya Idul Fitri. Para pemain terpilih nantinya akan kembali berkumpul untik mengikuti seleksi akhir dan pemusatan latihan akhir pada 20 Juni-5 Agustus 2019 di kota Yogyakarta.

Berikut Daftar 26 Pemain Seleksi Tim Nasional Wanita

Bangka Belitung
Ade Mustikiana Oktafiani
Riska Julianti
Vivi Oktavia Riski

Banten
Anna Aprianti Fadila
Anggi Puspita Sari
Prihatini
Zahra Muzdalifah

D.I Yogyakarta
Dewi Tia Safitri
Fitria Nur Islami
Octavianti Dwi Nurmalita

DKI Jakarta
Shalika Aurelia Viandrisa

Jawa Barat
Diyana Herliana
Ria Ristiani

Jawa Tengah
Febriana Kusumaningrum
Risqiyanti

Jawa Timur
Nisma Francida Rusdiana
Regina Tiofanny Herdiyanta
Sabrina Mutiara Firdaus Wibowo
Safira Ika Putri Kartini

Kalimantan Timur
Jesella Arifya Sari

Nusa Tenggara Barat
Baiq Amiatun Shalihah

Papua
Norffince Boma
Yudith Sada

Sumatera Barat
Mayang ZP

Sumatera Selatan
Yuliani Wijaya

Sumatera Utara
Nurhayati

VAVEL Logo
About the author