Seperti dikutip pssi.org, seleksi wasit ini dilakukan untuk menjaga mutu kompetisi sepak bola Indonesia terutama di kompetisi Liga 1 U-20 2019 yang pertama kali digulirkan oleh PSSI. Sebanyak 67 wasit dan 67 asisten wasit menjadi peserta dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini dibuka oleh anggota Komite Wasit PSSI, Yesayas Leihitu. Para perangkat pertandingan ini juga sekaligus sosialisasi aturan baru untuk wasit dan asisten wasit, yang tertuang dalam ‘Laws of the Game’ FIFA edisi terbaru.

Para wasit dan asisten wasit ini selain mendapatkan pengajaran teori, mereka juga akan mendapatkan sesi praktek berupa tes fisik yang bertempat di Stadion Sport Centre Kelapa Dua, Tangerang.

Selain itu, pada seleksi wasit ini juga ada peserta remidial wasit untuk kompetisi Shopee Liga 1 2019. Sebanyak 12 wasit dan 20 asisten wasit mengikuti program remidial tersebut.

Materi yang berkaitan dengan integritas menjadi fokus utama. Selain itu, ditambah dengan materi lainnya, seperti regulasi, dan penguatan motivasi.

PSSI pun serius untuk terus memperbaiki kinerja wasit dan perangkat pertandingan lainnya. Para wasit dan perangkat pertandingan pun menyadari bahwa citra dan integritas mereka sebagai pengadil di lapangan berada di tangan mereka sendiri.