Jalannya balapan di sirkuit Red Bull Ring tidak berlangsung mudah karena hujan deras mengguyur sirkuit. Bahkan balapan sempat tertunda hampir dua jam.

Balapan pun dimulai dalam panduan Safety Car. Hujan yang turun pada seri bernama Styria tersebut bahkan sempat meniadakan sesi free practice 3 dan menunda kualifikasi F1.

Walau masih hujan, Race Director F1 Michael Masi memastikan balapan F2 tetap bisa digelar. Setelah usaha pertama dengan melakukan empat formation lap tak membuahkan hasil, balapan pun ditunda sekitar satu jam.

Dan ketika akhirnya benar-benar digelar, para pebalap muda ini sangat berdisiplin untuk tidak membuat kesalahan vital saat hujan.

Yuki Tsunoda yang start terdepan terus memimpin, sampai kesalahan di pit membuatnya finis di P2 di bawah Robert Shwatzman. Guanyu Zhou melengkapi podium.

Sean yang start dari posisi ke-16 tak kalah disiplin dengan para pebalap di depan. Dia sempat naik beberapa posisi sebelum akhirnya masuk pit.

Keluar pit, Sean memang ada di P16 tapi potensinya ada di P12. Dan terbukti dia ada di posisi tersebut setelah para pebalap lain masuk pit.

Dengan manajemen ban yang bagus, Sean yang ketika keluar pit terpaut hampir enam detik dari rekan setimnya di DAMS, Dan Ticktum, bahkan sempat memperkecil jarak itu hingga 0,8 detik di posisi 9 dan 10.

Namun Sean kehabisan waktu untuk menyusul Ticktum. Bahkan ketika momentum menyusul Jack Aitken tersedia, Sean tak mau berisiko karena sudah di lap terakhir.

"Dari pada kami bertabrakan, lebih baik saya mengamankan poin. Namun kalau itu untuk memperebutkan posisi 8, yang berarti pole position Race 2, saya akan memaksanya," kata Sean yang finis di P10.

Sean juga mengingatkan bahwa baru saja pekan lalu di sirkuit yang sama dia mengalami beragam kendala teknis. Jadi satu poin awal ini sangat berharga sebagai pembangkit motivasi dia dan timnya.

"Memang apa yang dialami kami pekan lalu itu sungguh tak mengenakkan. Namun Sean justru menyemangati kami untuk bangkit. Dan hari ini terbukti kami bisa bangkit dengan mendapat poin dari kedua pebalap," ujar Francois Sicard, Team Principal DAMS.

Race 2 F2 Styria berlangsung Minggu (12/7) dan bisa disaksikan langsung melalui livestreaming di www.sean-gelael.com.

Jadwal Livestreaming F2 Styria

Minggu, 12 Juli
16.10 WIB: Race 2 (28 lap atau 45' + 1 lap)