Pertandingan antara dua tim kuat ini berjalan sengit dan seimbang. Inggris unggul cepat lewat gol Luke Shaw di menit ke-2, tapi Italia berhasil bangkit menyamakan kedudukan melalui Leonardo Bonucci di menit ke-67.

Skor 1-1 terkunci selama 120 menit, laga pun harus dilanjutkan ke babak adu penalti. Inggris bermain di kandang sendiri, sayangnya tiga eksekutor mereka gagal, Italia jadi juara dengan skor penalti 3-2.

Kemenangan Italia ini jadi kisah luar biasa, mengingat bagaimana perjalanan kebangkitan mereka bersama pelatih Roberto Mancini di panggung internasional.

Menurut Opta, gelar Euro 2020 ini adalah gelar mayor keenam Italia sepanjang sejarah. Mereka sudah meraih total 4 trofi Piala Dunia dan 2 trofi Euro.

Italia hanya kalah dari Jerman (7) di antara negara-negara Eropa. Dengan demikian, Italia layak disebut sebagai salah satu negara paling sukses di level sepak bola internasional.

Menariknya, Euro 2020 ini adalah gelar Eropa kedua Italia setelah pertama kali meraihnya pada tahun 1968 lalu. Opta mencatat ada selilsih 53 tahun antara dua gelar tersebut, terbesar dalam sejarah.

Italia kembali ke panggung internasional dengan fantastis. Gagal di Piala Dunia 2018, tapi kembali dengan jadi juara di Euro 2020.

 

VAVEL Logo
About the author