Timnas Vietnam U-23  Raih Medali Emas
Foto : Reuters

Tim tuan rumah berhasil menjadi yang terbaik di cabor sepakbola putra dan Thailand yang kalah harus puas dengan medali perak.

Bermain di Stadion My Dinh, Vietnam, tim tuan rumah dan Thailand U-23 sama kuat di babak pertama. Namun, serangan masif Vietnam U-23 di babak kedua akhirnya membuahkan hasil.

Permainan jual beli serangan antara kedua tim langsung tersaji di babak pertama. Bermain di depan pendukung sendiri, Timnas Vietnam U-23 nampak tampil percaya diri untuk bermain terbuka melawan Thailand U-23.

Serangan yang dilancarkan oleh Timnas Vietnam U-23 beberapa kali hampir berhasil membobol gawang Kawin Thamsatchanan. Namun demikian, penampilan gemilang penjaga gawang senior Thailand itu mampu menggagalkannya.

Sedangkan, Timnas Thailand U-23 juga tidak diam begitu saja, beberapa kali mereka mampu melancarkan serangan balasan. Sayangnya, hingga menit ke-20 belum ada gol yang tercipta bagi kedua tim.

Memasuki menit ke-30, serangan The Golden Star -julukan Timnas Vietnam- semakin masif. Mereka terlihat berhasil memanfaatkan kelengahan pertahanan Thailand U-23.

Sedangkan, Timnas Thailand U-23 yang berada dalam tekanan hanya mengandalkan serangan balik. Meski begitu, tidak ada gol yang tercipta hingga pertandingan babak pertama selesai.

Vietnam Unggul 1-0

Pada babak kedua, Timnas Vietnam U-23 mencoba mendominasi jalannya pertandingan. Namun begitu, solidnya pertahanan Tim Gajah Perang -julukan Thailand U-23- tidak mudah untuk ditembus Vietnam U-23.

Situasi ini terus terjadi hingga pertandingan memasuki menit ke-70. Terpantau, Timnas Thailand U-23 cukup kesulitan untuk mencari celah agar bisa keluar dari tekanan. Mereka hanya bermain sabar dan bertahan.

Sementara, serangan cepat dari dua sisi sayap terus dilancarkan oleh The Golden Star. Tak sampai disitu, mereka juga terpantau melepaskan beberapa tembakan spekulatif untuk mencoba mencuri keunggulan.

Upaya tersebut akhirnya berbuah manis pada menit akhir pertandingan di babak kedua. Adalah Nham Manh Dung (82’) yang mampu mencatatkan namanya di papan skor usai tandukkannya tak mampu dihalau Kawin, Vietnam U-23 unggul 1-0.

Gol ini langsung membuat seisi Stadion My Dinh bergemuruh, Thailand U-23 pun semakin dalam tekanan. Akan tetapi, setelah gol tersebut, Tim Gajah Perang langsung melancarkan serangan bertubi-tubi ke pertahanan Vietnam U-23.

Sayangnya, upaya tersebut tak mampu membuat Thailand U-23 menyamakan kedudukan wasit menyudahi pertandingan. Pada akhirnya, Timnas Vietnam U-23 mampu menjadi juara usai mengalahkan Thailand U-23 dengan skor tipis 1-0 di final cabor sepakbola putra SEA Games 2021.

VAVEL Logo