Manchester City Juara Liga Inggris 2021-2022
Foto : Reuters

Dua pertandingan itu menentukan juara Liga Inggris musim ini. Saat dua pertandingan itu berakhir, Man City pun resmi jadi juara, sedangkan Liverpool harus puas menjadi runner-up.

Mari bahas pertandingan Man City lebih dulu. Menjamu Villa di Etihad Stadium, Man City justru tertinggal dua gol lebih dulu.

Gol Matty Cash (37’) dan Philippe Coutinho (69’) mengejutkan publik Etihad Stadium. Kondisi itu tidak menguntungkan Man City yang butuh kemenangan untuk mengamankan gelar juara.

Namun, Man City bangkit dalam sekejap mata. Gol-gol dari Ilkay Gundogan (76’, 81’) dan Rodri (78’) memberi Man City kemenangan dramatis 3-2 atas Villa.

Liverpool Runner Up

Sementara itu, Liverpool pun meraih kemenangan saat menjamu Wolverhampton di Anfield. Sempat tertinggal karena gol cepat Pedro Neto (3’), Liverpool bangkit melalui gol Sadio Mane (24’), Mohamed Salah (84’), Andy Robertson (89’).

Meski menang, Liverpool tidak mampu menggusur Man City dari posisi pertama. Man City (93 poin) jadi juara dengan keunggulan satu angka saja dari Liverpool (92 poin).

Selain penentuan gelar juara, ada hasil-hasil lain yang tidak kalah penting. Ambil contoh, Tottenham Hotspur finsi di empat besar usai menang 5-0 atas Norwich City, sedangkan Arsenal harus puas finis kelima meski menang 5-1 atas Everton.

Lalu, tim-tim yang terdegradasi pun telah diketahui. Burnley jadi tim teranyar yang terdegradasi setelah Norwich City dan Watford.

Sementara itu, Leeds United tetap bertahan di Liga Inggris musim depan. Kemenangan 2-1 atas Brentford membuat mereka aman dari jerat degradasi.

Berikut hasil Liga Inggris 2021-2022 semalam:

Arsenal 5-1 Everton

Brentford 1-2 Leeds United

Brighton & Hove Albion 3-1 West Ham United

Burnley 1-2 Newcastle United

Chelsea 2-1 Watford

Crystal Palace 1-0 Manchester United

Leicester City 4-1 Southampton

Liverpool 3-1 Wolverhampton Wanderers

Manchester City 3-2 Aston Villa

Norwich City 0-5 Tottenham Hotspur

 

VAVEL Logo