AFC Tawari Indonesia Tuan Rumah Piala Asia 2023
Foto : PSSI

AFC pun bergerak cepat menawari bebeberapa negara Asia termasuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Hal tersebut memang benar adanya, jika Indonesia dan seluruh negara di Asia ditawari proposal oleh AFC untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Negeri Tirai Bambu mengundurkan diri sebagai tuan rumah, dikarenakan alas an kasus Covid-19 yang menggila di negaranya.

Status tuan rumah sendiri, cukup menguntungkan pasukan Shin Tae-yong. Pasalnya, skuad Garuda tak perlu lagi mengikuti kualifikasi jika menyanggupi diri sebagai tuan rumah. Skuad Garuda pun bisa langsung mentas di Piala Asia 2023.

Namun hal itu tidaklah mudah, sebab AFC  membuat sejumlah syarat untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Salah satunya terkait ketersediaan stadion sebagai tempat bertanding.

Malaysia  Menolak

Negara tetangga Indonesia, Malaysia pun sudah nyerah dan tidak menyanggupi jadi tuan rumah Piala Asia 2023. Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) melalui Sekretaris Jenderalnya, Saifuddin Abu Bakar telah membuat keputusan bahwa menolak untuk jadi tuan rumah Piala Asia 2023.

Saifuddin mengatakan hampir mustahil bagi negerinya mengambil alih tugas tuan rumah. FAM berdalih terkendala beberapa faktor, termasuk keterbatasan waktu dalam persiapan.

"Kami tidak akan mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 karena persiapan itu sangat berat," ucap Saifuddin dilansir dari New Straits Times.

"Dengan waktu singkat, saya pikir tidak mungkin untuk memenuhi kriteria yang diwajibkan, tapi itu tergantung pada keputusan yang ditetapkan oleh internal FAM," lanjut Saifuddin.

Sebenarnya, secara syarat Indonesia bisa memenuhi standar AFC. Namun, perlu diingat, Indonesia pun sudah terpilih menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 mendatang.

Artinya, jika Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) menyetujui penawaran AFC, maka PSSI harus memutar otak kembali agar dua kompetisi besar bisa berlangsung lancar di Tanah Air.

Di luar itu semua, Timnas Indonesia masih harus berjuang menghadapi Kualifikasi Piala Asia 2023. Timnas Indonesia berada di Grup A dan tergabung bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal.

Kualifikasi Piala Asia 2023 sendiri dimulai pada 8-14 Juni 2022. Kuwait akan jadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia 2023 di Grup A.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

VAVEL Logo