Gol-gol Argentina dalam laga ini dilesakkan Lautaro Martinez, Angel Di Maria dan Paulo Dybala. Hasil ini semakin menyesakkan Italia yang sebelumnya juga dinyatakan gagal lolos ke Piala Dunia 2022.

Di babak pertama, Timnas Argentina berupaya mengontrol jalannya pertandingan. Upaya itu berhasil setelah beberapa kali La Albiceleste -julukan Timnas Argentina- menembus adangan Giorgio Chiellini dan kolega.

Namun, gelombang serangan yang dilancarkan Timnas Argentina belum bisa membobol gawang Gianluigi Donnarumma. Sementara itu, Timnas Italia belum bisa menemukan ritme permainannya untuk melakukan serangan.

Memasuki menit ke-15, Gli Azzurri -julukan Timnas Italia- akhirnya menemukan ritmenya. Terpantau, beberapa peluang berhasil tercipta untuk skuad asuhan Roberto Mancini.

Situasi itu terus terjadi hinga pertandingan memasuki menit ke-25, Timnas Italia mampu mengontrol permainan. Keasyikan menyerang, Gli Azzurri justru lupa bagaimana caranya bertahan, dan akhirnya kebobolan.

Lionel Messi Acak-Acak Lini Belakang Italia

Gol berawal dari Lionel Messi yang mengacak-acak lini belakang Timnas Italia. Pemain berusia 34 tahun itu akhirnya melepaskan umpan matang kepada Lautaro Martinez (28’) yang langsung menceploskan bola ke gawang Gianluigi Donnarumma, Timnas Argentina unggul 1-0.

Selepas gol itu, Timnas Italia merespons dengan melancarkan serangan masif ke pertahanan La Albiceleste. Meski begitu, beberapa peluang yang tercipta gagal dikonversi menjadi gol.

Lagi-lagi keasyikan menyerang membuat Timnas Italia mendapatkan petaka. Kali ini, Angel Di Maria (45+1')menjadi penyempurna skema serangan balik cepat Timnas Argentina.

Pada akhirnya, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang. Timnas Argentina mengungguli Timnas Italia 2-0 di Finalissima 2022 pada babak pertama.

Di babak kedua, Timnas Argentina yang tengah unggul mengawali pertandingan dengan nyaman. Pasukan Lionel Scaloni tidak ragu bermain terbuka dan membangun serangan.

Di sisi lain, Timnas Italia kembali sulit menemukan ritme permainannya. Gli Azzurri terpantau melancarkan serangan dari berbagai lini meski belum efektif membongkar pertahanan Timnas Argentina.

Memasuki menit ke-60, Timnas Argentina kembali mengontrol jalannya pertandingan. Terpantau, berkali-kali Angel Di Maria melepaskan tembakan keras tepat ke gawang Gli Azzurri.

Beruntung, penampilan gemilang Gianluigi Donnarumma menyelamatkan gawang Timnas Italia kebobolan lebih banyak lagi. Di sisi lain, skema serangan balik cepat yang menjadi andalan La Albiceleste berkali-kali merepotkan Donnarumma.

Skema ini akhirnya menambah keunggulan Timnas Argentina. Kali ini, Paulo Dybala (90+4') yang membuat Donnarumma bertekuk lutut.

Setelah itu, tidak ada gol tambahan yang tercipta hingga wasit meniup peluit panjang tanda selesainya pertandingan. Pada akhirnya, Timnas Argentina berhasil mengalahkan Timnas Italia 3-0 di Finalissima 2022.