Kabarnya, paling lambat PSSI akan memberikan surat resmi keberatan kepada AFF pada Selasa, 12 Juli 2022. Berhubung itu paling lambat, ada potensi pengajuan keberatan lebih awal, yakni hari ini.

Menurut Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, pihaknya telah mengkaji hasil pertandingan antara Vietnam U-19 dan Thailand U-19. Hal itu diungkapkan Mochamad Iriawan di hadapan awak media, termasuk yang dihadiri tim MNC Portal Indonesia.

"Sore ini kita menyikapi (mengkaji) hasil pertandingan kemarin (antara Vietnam U-19 dan Thailand U-19)," ungkap Iwan Bule –sapaan akran Mochamad Iriawan, Senin (11/7/2022) di Jakarta.

Untuk poin yang ingin digugat PSSI yakni perihal fair play laga antara Timnas Vietnam U-19 dan Timnas Thailand U-19. Pasalnya, di laga tersebut kedua tim hanya memainkan bola di dalam area masing-masing tanpa melakukan serangan setelah bermain 1-1 di menit 76.

Yang kita ingin ajukan kepada AFF yaitu berkaitan dengan fair play antara pertandingan Thailand U-19 dan Vietnam U-19. Di mana, pada pertandingan itu bola hanya diputar-putar di garis 16," tambah Iwan Bule.

Protes ke AFF

Karena itu, PSSI memprotes keras pertandingan tersebut kepada Konfederasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF).

"Kita akan protes ke AFF, apakah itu fair play atau tidak," tegas Iwan Bule, bernada kesal.

Sementara itu, surat protes tersebut telah dibuat. Akan dilayangkan paling lambat besok, Selasa, 12 Juli 2022.

"Surat sudah dibuat dan dikonsep, paling telat besok. Kita juga akan kirim video dan rekaman. Sudah dibuat," tegas pria kelahiran 31 Maret ini.

Sekarang yang jadi pertanyaan, akankah pengajuan keberatan ini bakal mengganggu jadwal semifinal Piala AFF U-19 2022? Dijadwal awal, semifinal Piala AFF U-19 2022 mempertemukan Vietnam vs Malaysia dan Laos vs Thailand pada Rabu, 13 Juli 2022.